Thursday, June 4, 2009

Khasiat Air Zam-Zam

Telaga ini memiliki kedalaman teratas menembus lapisan alluvium Wadi Ibrahim. Lapisan ini merupakan lapisan pasir yang sangat berpori. Lapisan ini berisi batupasir hasil transportasi dari lain tempat. Mungkin saja dahulu ada lembah yang dialiri sungai yang saat ini sudah kering. Atau dapat pula merupakan dataran rendah hasil runtuhan atau penumpukan hasil pelapukan batuan yang lebih tinggi topografinya.


Kedalaman 17 meter ke bawah selanjutnya, telaga ini menembus lapisan batuan keras yang berupa batuan beku Diorit. Batuan beku jenis ini (Diorit) sangat banyak dijumpai di Jazirah Arab. Pada bagian atas batuan ini dijumpai rekahan-rekahan yang juga memiliki kandungan air. Dulu ada yang menduga retakan ini menuju laut Merah. Tetapi tidak ada (barangkali saja saya belum menemukan) laporan geologi yang menunjukkan hal itu.

Dari uji pemompaan telaga ini mampu mengalirkan air sebesar 11 – 18.5 liter/detik, hingga permenit dapat mencapai 660 liter/minit atau 40 000 liter per jam. Celah-celah atau rekahan ini salah satu yang mengeluarkan air cukup banyak. Ada celah (rekahan) yang memanjang kearah hajar Aswad dengan panjang 75 cm denga ketinggian 30 cm, juga beberapa celah kecil ke arah Shaffa dan Marwa.

Keterangan geometris lainnya, celah telaga di bawah tempat Thawaf 1.56 m, kedalaman total dari tepi telaga 30 m, kedalaman air dari tepi telaga = 4 m, kedalaman mata air 13 m, Dari mata air sampai dasar telaga 17 m, dan diameter telaga berkisar antara 1.46 hingga 2.66 meter.




Gambar di atas ini memperlihatkan lokasi telaga Zamzam yang terletak ditengah lembah yang memanjang. Masjidil Haram berada dibahagian tengah di antara bukit-bukit disekitarnya. Luas area tangkapan yang hanya 60 Km persegi ini tentunya cukup kecil untuk menangkap air hujan yang sangat sedikit terjadi di Makkah, sehingga memerlukan pengawasan dan pemeliharaan yang sangat khusus.

Telaga Zam-zam ini, sekali lagi dalam pandangan (ilmiah) hidrogeologi , hanyalah seperti telaga gali biasa. Tidak terlalu istimewa dibanding telaga-telaga gali lainnya. Namun karena telaga ini bermakna religi, maka perlu dijaga. Banyak yang menaruh harapan pada air telaga ini karena telaga ini dipercaya membawa berkat. Ada yang menyatakan telaga ini juga boleh kering kalau tidak dijaga. Bahkan kalau kita tahu kisahnya telaga ini diketemukan kembali oleh Abdul Muthalib (Datuk Nabi Muhammad SAW) setelah hilang terkubur 4000 tahun (?).
Dahulu di atas telaga ini terdapat sebuah bangunan dengan luas 8.3 m x 10.7 m = 88.8 m2. Antara tahun 1381-1388 H bangunan ini ditiadakan untuk memperluas tempat thawaf. Sehingga tempat untuk meminum air zam-zam dipindahkan ke ruang bawah tanah. Di bawah tanah ini disediakan tempat minum air zam-zam dengan sejumlah 350 kran air (220 kran untuk laki-laki dan 130 kran untuk perempuan), ruang masuk laki perempuan-pun dipisahkan.




Dear Family Blogers

Last Monday ..we bought Zam-Zam water at Bangunan Tabung Haji and Tin Fruit [Buah Tin]. We also bought a book a title of Rahsia & Keberkatan Air Zam-Zam. We quite facinated with this maricle and proven evidence in Islamic history since the era of Prophet Ibrahim till Prophet Mohammad SAW....

The Zam-zam water we dilute with normal alkaline water that we drink every day. Upon reading the above mentioned book then we have discovered before we drink the zam-zam water we need to put our wish..then recite bismillah, selawat and recite..a verse from Al-Fateha "Iya Kana' Budu Wa 'Ya kanas Ta'ain" [many time you like" then we drink...the rest is Almighty Work.....Insyallah..Now we start giving to my 2 sons and my family as well...renung-renungkan...selamat mencuba!!!!!!!!!!!


Kandungan mineral:-

Tidak seperti air mineral yang umum dijumpai, air Zamzam in memang unik mengandung elemen-elemen alamiah sebesar 2000 mg perliter. Biasanya air mineral alamiah (hard carbonated water) tidak akan lebih dari 260 mg per liter. Elemen-elemen kimia yang terkandung dalam air Zam-zam dapat dikelompokkan menjadi yang pertama, positive ions seperti misal sodium (250 mg per litre), calcium (200 mg per litre), potassium (20 mg per litre), dan magnesium (50 mg per litre).Kedua, negative ions misalnya sulphur (372 mg per litre), bicarbonates (366 mg per litre), nitrat (273 mg per litre), phosphat (0.25 mg per litre) and ammonia (6 mg per litre).

Molekul air zam zam:-

Kandungan-kandungan elemen-elemen kimia inilah yang menjadikan rasa dari air Zam-zam sangat khas dan dipercaya dapat memberikan khasiat khusus. Air yang sudah siap saji yang bertebaran disekitar Masjidil Haram dan Masjid Nabawi di Madinah merupakan air yang sudah diproses sehingga sangat aman dan segar diminum, ada yang sudah didinginkan dan ada yang sejuk (hangat). Namun konon prosesnya higienisasi ini tidak menggunakan proses kimia untuk menghindari perubahan rasa dan kandungan air ini

No comments: